Statement: In solidarity, we honour the global humanitarian community

Posted under Movies, News, Technology On By D14N

Pernyataan oleh Sima Bahous, Wakil Sekjen PBB dan Direktur Eksekutif UN Women, untuk Hari Kemanusiaan Sedunia, 19 Agustus 2022

Pada  Hari Kemanusiaan Sedunia , ketika kebutuhan kemanusiaan secara global telah mencapai titik tertinggi sepanjang masa, kami memberi hormat dan menghormati pekerjaan penyelamatan nyawa para kemanusiaan. Mereka menyelamatkan dan melindungi kehidupan dan memastikan akses ke sumber daya penting termasuk makanan, tempat tinggal dan layanan kesehatan di lokasi terberat bagi 305,9 juta orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan di seluruh dunia.

UN Women berdiri dalam solidaritas dengan komunitas kemanusiaan global, mengakui tindakan kolektif yang kuat yang diperlukan untuk respons yang efektif dan dampak positif. Dibutuhkan sebuah “desa kemanusiaan” untuk ini—termasuk relawan berbasis masyarakat di garis depan tanggap darurat, masyarakat sipil, Palang Merah dan badan-badan PBB, serta para donor dan pemerintah daerah. Dalam banyak situasi, organisasi yang dipimpin oleh perempuan dan hak-hak perempuan memainkan peran yang sangat penting dalam melindungi dan menghormati hak-hak perempuan, di mana mereka sendiri yang dapat memperoleh akses ke perempuan dan anak perempuan dan merespons dengan cara yang sesuai secara budaya..

Layanan kemanusiaan Wanita PBB  , dalam kemitraan dengan kelompok dan organisasi wanita, meningkatkan peluang mata pencaharian, perlindungan, dan kemandirian wanita dan anak perempuan yang terkena dampak krisis. Kami berkontribusi pada upaya respons kemanusiaan di lebih dari 40 situasi krisis, mendukung perempuan untuk memimpin pengambilan keputusan, dan memastikan bahwa bantuan kemanusiaan memenuhi kebutuhan orang-orang dari semua jenis kelamin dan usia. Dana  Perdamaian dan Kemanusiaan Perempuan , di mana UN Women menjabat sebagai Sekretariat Global, memungkinkan perempuan dari organisasi hak-hak perempuan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan dalam respon kemanusiaan dan krisis. Dana tersebut telah mendukung lebih dari 600 organisasi wanita lokal yang bekerja di garis depan pengaturan krisis di seluruh dunia sejak didirikan pada tahun 2016.

Sangat penting bahwa perempuan adalah peserta yang setara dalam perencanaan dan pengambilan keputusan dari semua upaya untuk memenuhi kebutuhan kemanusiaan, dengan kepemimpinan dan kontribusi mereka diakui dan dihargai. Perempuan dan anak perempuan memainkan peran kunci dalam kelangsungan hidup dan ketahanan masyarakat yang terkena dampak krisis. Ketika krisis melanda, wanita seringkali menjadi responden pertama. Mereka juga terpengaruh secara tidak proporsional oleh konflik atau bencana. Peran ganda ini harus tercermin dalam semua perencanaan respons.

Hari ini, kami memuji dan berterima kasih kepada mereka yang terus memberikan bantuan penyelamatan jiwa yang sangat diperlukan meskipun menghadapi tantangan yang luar biasa, sehingga tidak ada yang tertinggal. Kami memperingati mereka yang terbunuh dan terluka saat melayani wanita, pria, anak perempuan dan anak laki-laki yang terkena dampak krisis. Dan kami merayakan solidaritas ‘desa’ kolektif yang terus membuat kemajuan dalam perjalanan mencapai  Agenda 2030 ........